Program Studi Teknik Lingkungan USTJ bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Jayapura melakukan studi terkait timbulan dan komposisi sampah di Distrik Heram Kota Jayapura

BERITA FTSP Teknik Lingkungan

Program Studi Teknik Lingkungan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Jayapura melakukan studi terkait Timbulan dan Komposisi Sampah yang dihasilkan dari aktivitas masyarakat di Distrik Heram Kota Jayapura. Studi ini dimaksudkan untuk memperoleh data riil mengenai timbulan dan komposisi sampah di Kota Jayapura, data ini kemudian akan dijadikan acuan dalam pelaksanaan Gerakan Pemilahan Sampah dari Rumah yang telah di-lounching oleh Pemerintah Kota Jayapura pada tanggal 15 November 2019 lalu dimana Distrik Heram khususnya Kelurahan Yabansai yang dipilih sebagai Pilot Project bagi Kota Jayapura dan Tim PKM Teknik Lingkungan USTJ bertindak sebagai Pendamping bagi Kelurahan Yabansai dalam pelaksanaan program pengelolaan sampah di Kelurah Yabansai, Kota Jayapura.

Studi timbulan dan komposisi sampah ini dikerjakan oleh Tim yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Teknik Lingkungan USTJ sebanyak 10 orang, studi ini dilaksanakan selama bulan Maret 2020 dengan menggunakan metode perhitungan timbulan sampah pada SNI 19-3964-1995 Tentang Metode Pengambilan Dan Pengukuran Contoh Timbulan Dan Komposisi Sampah Perkotaan. Pelaksanaan studi ini diawali dengan melakukan survey pendahuluan mengenai jumlah penduduk, aktivitas masyarakat di Distrik Heram, dan penentuan sampel sampah yang akan dikaji. Selanjutnya dilakukan pengumpulan, pemilahan dan perhitungan timbulan sampah selama 8 hari berturut-turut mulai tanggal 2 – 9 Maret 2020. Hasil dari perhitungan tersebut kemudian dianalisis dan kemudian dijadikan dasar acuan untuk rekomendasi program pemilahan dan pemanfaatan sampah di Distrik Heram nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *