Profil Fakultas Ekonomi, Sastra dan Sosial Politik

FESSOSPOL

Fakultas Ekonomi, Sastra dan Sosial Politik

Fessospol terdiri dari 5 (lima) program studi (Prodi) atau jurusan untuk program sarjana/Strata Satu (S1), yaitu Jurusan Ilmu Pemerintahan, Jurusan Hubungan Internasional, Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurusan Akuntansi, dan Jurusan Sastra Inggris.

Landasan Pendidikan

Landasan utama penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Ekonomi, Sastra dan Sosial Politik  (FESSOSPOL) adalah:

  1. Landasan Idiil adalah Pancasila
  2. Landasan Konstitusional adalah Undang-Undang Dasar 1945
  3. Landasan Operasional adalah Undang-Undang Pendidikan, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi yang relevan dan berlaku di Indonesia.

Arah dan Peran FESSOSPOL

Fakultas Ekonomi, Sastra dan Sosial Politik (FESSOSPOL) diarahkan dapat berperan sebagai:

  1. Pusat Pemeliharaan, Penelitian, serta Pengembangan Ilmu sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
  2. Tempat mendidik para mahasiswa agar beriman dan bertaqwa serta berkepribadian yang luhur.
  3. Tempat mendidik para mahasiswa agar berjiwa penuh pengabdian dan memiliki jiwa besar terhadap masa depan bangsa dan Negara Indonesia.
  4. Tempat membina mahasiswa, sehingga bermanfaat bagi pembangunan nasional dan pembangunan daerah. 

VISI

Menjadikan Fakultas Ekonomi, Sastra, dan Sosial Politik USTJ sebagai pusat penyiapan tenaga-tenaga yang terampil dan professional di bidang akuntansi, sastra Inggris, pemerintahan, hubungan internasional, dan komunikasi yang diakui secara nasional dan memiliki daya saing tinggi di kawasan Indonesia Timur di tahun 2025.

MISI

  1. Melaksanakan proses pendidikan yang bermutu guna menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan intelektual, spiritual dan emosional yang tinggi sehingga mampu hidup mandiri di tengah-tengah persaingan yang semakin kompetitif di lingkungan masyarakat.
  2. Melaksanakan penelitian dan kajian-kajian strategis di bidang ekonomi/akuntansi, bahasa/sastra, pemerintahan, hubungan internasional, dan komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan daerah di tanah Papua.Melaksanakan kerja sama/kemitraan dengan institusi lain guna mendorong peningkatan kualitas proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.      
  3. Membangun manajemen dan pengelolaan organisasi yang demokratis, transparan, akuntabel, efektif dan efisien sebagai implementasi dari “good university governance” dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara tepat.
  4. Pemenuhan sumber daya yang memadai dan penciptaan suasana akademik yang kondusif guna mendukung terwujudnya proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu.  

TUJUAN

Proses pendidikan di FESSOSPOL dilaksanakan untuk menghasilkan lulusan/sarjana yang memiliki:
1. Menghasilkan lulusan yang:

  • Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
  • Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi serta dinamika perubahan sosial dan kemasyarakatan, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
  • Mempunyai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan serta ketrampilan teknologi yang dimilikinya.
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah serta pengetahuan dan metodologi sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian yang ada di dalam kawasan keahliannya.
  • Mengusasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai seorang lulusan perguruan tinggi.
  • Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan bidangnya.

2. Menghasilkan penelitian yang dapat memperkaya khasanah keilmuan dengan menemukan konsep, model, dan paradigma baru di bidang ekonomi, sastra/bahasa inggris, pemerintahan, komunikasi dan hubungan internasional yang berbasis pada moral dan etika dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat serta menunjang pembangunan regional maupun nasional.
3. Melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk pembinaan, bimbingan dan konsultasi dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan serta melakukan pemberdayaan masyarakat yang berbasis pada moral dan etika.

STRUKTUR ORGANISASI


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *