Profil Program Studi Sastra Inggris

Sastra Inggris

Program studi (Prodi) sastra Inggris adalah salah satu program studi di fakultas ekonomi, sastra dan sosial politik (FESSOSPOL)

VISI

Menjadi Program Studi yang inovatif, dan terkemuka di Kawasan Indonesia Timur pada Tahun 2020, Pelopor pengembangan Bahasa, Sastra dan Budaya berdasarkan kearifan Lokal Papua serta berperan secara Profesional dalam bidang Bahasa, Sastra dan Budaya

MISI

  1. Mengembangkan bidang bahasa, sastra, dan Budaya serta disiplin ilmu terkait.
  2. Meningkatkan proses pembelajaran dalam bidang bahasa, sastra dan Budaya dengan memanfaatkan Kearifan Lokal di Papua
  3. Meningkatkan penelitian bermutu di bidang Bahasa, Sastra, dan Budaya serta disiplin ilmu terkait.
  4. Memfasilitasi kreasi Bahasa, Sastra, dan Budaya hasil karya civitas akademika baik bahasa, sastra dan seni daerah, nasional, maupun asing.
  5. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), baik tenaga pendidik/Instruktur Bahasa Inggris, Penerjemah dan Peneliti Bahasa.
  6. Meningkatkan pengabdian masyarakat dalam bidang Bahasa, Sastra dan Budaya untuk menjaga kelestarian Aset daerah di Papua
  7. Membangun jejaring kemitraan dengan Pemerintah Daerah Di Tanah Papua maupun nasional dalam meningkatkan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Bahasa, Sastra, dan budaya.

Tujuan

  1. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berkualitas bagi para mahasiswa dalam bidang Bahasa, sastra dan budaya dengan pendekatan kearifan lokal di Papua.
  2. Terlaksananya penelitian dan pengkajian dalam rangka mengembangkan dan menerapkan ilmu bahasa, sastra, dan budaya
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian Jurusan/institusional terhadap pembangunan pendidikan di Tanah Papua sebagai mitra kerja Pemerintah daerah dalam menopang Otonomi Khusus di Papua.
  4. Terciptanya kerja sama dengan lembaga/Asosiasi lain ( HISKI, ASSI, Balai Bahasa, Masyarakat Linguistik Indonesia) untuk mengadakan upaya pembinaan program dan SDM dalam rangka mendukung pelaksanaan program internal Jurusan Sastra Inggris serta untuk mendukung program Universitas Sains dan Teknologi Jayapura yang sesuai dengan visi dan misi fakultas.
  5. Menghasilkan lulusan Sastra Inggris menjadi pelopor penggerak pengembangan bahasa, Sastra dan budaya di wilayah Timur.
  6. Melaksanakan kerjasama/kemitraan dengan Balai Bahasa Jayapura dan lembaga terkait lainnya.

Profil Lulusan

  1. Memiliki pengetahuan kebahasaan tentang bahasa Inggris dan keterampilan berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dengan kemampuan dasar bebahasa Inggris setara English Profecieny: ITP TOEFL 500-525 dan tes jenis lainnya yang setara.
  2. Menguasai dan mampu mengembangkan keterampilan bernalar (critical thinking) sebagai keterampilan dasar bagi penguasaan ilmu bahasa dan sastra Inggris
  3. Mampu menerapkan prinsip-prinsip kebahasaan dan kesastraan untuk menekuni dan mengembangkan berbagai profesi.
  4. Menguasai berbagai metode kajian analisis bahasa dan sastra
  5. Memiliki pengetahuan tentang pengembangan kepribadian dan etika berkomunikasi serta berperilaku dalam lingkungan akademis dan sosial kemasyarakatan

Struktur Organisasi

Dosen dan Bidang Keahlian

Galeri Foto Sastra Inggris

Mahasiswa Sastra Inggris Juara II NUDC (National University Debating Championship) sekaligus menjadi salah satu Tim yang mewakili Papua dan Papua Barat ke Nasional
NUDC 2019
Lab. Bahasa Prodi Sastra Inggris
Kegiatan Belajar di Kelas
Kegiatan Belajar di Kelas
Kegiatan Belajar di Kelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *