Profil Program Studi Ilmu Pemerintahan

FESSOSPOL Ilmu Pemerintahan

Program studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan adalah salah satu program studi di fakultas ekonomi, sastra dan sosial politik (FESSOSPOL)

VISI

Menjadikan Sarjana Ilmu Pemerintahan yang memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan bidang keahlian pemerintahan serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang pemerintahan yang  unggul dan terpercaya,  di kawasan Indonesia Timur pada tahun 2025.

MISI

Visi di atas selanjutnya dijabarkan ke dalam beberapa misi yang diemban oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan, sebagai berikut :

  1. Meningkatkan mutu pelaksanaan kegiatan pendidikan, pengajaran dan penelitian dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa serta etika akademik.
  2. Menjadikan lulusan yang memiliki kekhasan, kapasitas dan potensi dalam menggunakan teknologi informasi untuk penyelenggaraan pemerintahan dan bidang pekerjaan sector public.
  3. Mengembangkan karya-karya keilmuan yang relevan dan mempunyai kontribusi secara akademik dan sosial terhadap pembaruan tata pemerintahan lokal, melalui kajian-kajian strategis dan penelitian-penelitian. Serta mengaplikasikan IPTEKS yang relevan dalam pengembangan bidang pemerintahan
  4. Mengembangkan kemitraan strategis antara berbagai pemangku kepentingan (Stokcholders ) pemerintah lokal, pasar dan masyarakat.
  5. Membangun manajemen dan pengelolaan organisasi yang demokratis, transparan, akuntabel, efektif dan efisien sebagai implementasi dari good university governance dengan kemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara tepat.

TUJUAN

Tujuan umum Program Studi Ilmu Pemerintahan adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki sikap religious serta integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana yang menguasai dan memiliki kemampuan di dalam mengaplikasikan ilmu Pemerintahan,  pengembangan kepemimpinan yang berkualitas, kapabilitas serta professional. Secara spesifik tujuan yang diharapkan dari dibukanya program Studi Ilmu Pemerintahan adalah :

  1. Mempunyai sikap etika dan moral yang tinggi berdasarkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan ketaatan terhadap tanah air.
  2. Menghasilkan tenaga Sarjana Ilmu Pemerintahan yang dapat mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  3. Mampu menganalisis berbagai kajian tentang pemerintahan  lokal dengan berbagai kehidupan masyarakat Papua yang memiliki kekhasan budaya, geografis, sosial dan politik.
  4. Mampu menerapkan prinsip-prinsip organisasi dan manajemen pemerintahan serta pembuatan kebijakan pemerintahan yang berpihak pada masyarakat dan mampu menyelesaikan segala problematika berikut dinamikanya.
  5. Mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidangnya serta pengetahuan ketrampilan pendukung lainnya yang memadai sehingga memiliki daya saing, serta memiliki kemampuan ilmiah/meneliti.
  6. Mampu mengembangkan karya-karya keilmuan yang relevan serta memiliki kontribusi terhadap pembangunan bangsa.
  7. Menghasilkan SDM yang mampu menangani pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan pemerintahan
  8. Sebagai motivator dan dinamisator dalam mengisi pembangunan serta memiliki kemampuan untuk mengayomi masyarakarat.
  9. Memiliki kemampuan untuk menggerakkan masyarakat kearah pembangunan yang lebih baik dan berkesinambungan.

STRUKTUR ORGANISASI

Galeri Foto Prodi Ilmu Pemerintahan

Kuliah Aplikatif Mahasiswa Ilmu Pemerintahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *