Profil Prodi Teknik Lingkungan

FTSP Teknik Lingkungan

Program Studi Teknik Lingkungan yang berada di bawah Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) adalah Prodi Teknik Lingkungan pertama dan satu-satunya yang dikembangkan di Provinsi Papua sejak Tahun 1999 dan telah terakreditasi oleh BAN-PT.

Teknik Lingkungan merupakan suatu bidang ilmu yang bertujuan untuk melakukan perlindungan lingkungan dan kesehatan masyarakat melalui pendekatan rekayasa. Ruang lingkup program studi ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, plumbing/ perpipaan, siste drainase, hingga pengelolaan sampah.

ALUMNI TEKNIK LINGKUNGAN USTJ
Prodi Teknik Lingkungan USTJ hingga saat ini telah menghasilkan 297 orang sarjana Teknik Lingkungan yang telah bekerja pada:

  1. Instansi Pemerintah, sebagai tim ahli lingkungan hidup, baik di departemen teknis maupun non teknis seperti PUPR, ESDM, KLHK, Kimpraswil, Kemendagri, dan PDAM.
  2. LSM/NGO Lingkungan Hidup;
  3. Industri, yaitu pada bagian Safety Health & Environment (SHE) terutama sebagai environmental engneer/ manager, misalnya pada industri migas dan pertambangan (BP LNG Tangguh, PT.Freeport Indonesia), dan industri lainnya;
  4. Konsultan, diantaranya konsultan AMDAL, konsultan perancang bangunan pengolah air minum dan air limbah, dll;
  5. Wiraswasta, seperti usaha pemnfaatan sampah yang bernilai ekonomis, daur ulang limbah (baik limbah padat maupun cair) dan menjual produk-produk hasil penelitian sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat;
  6. Tenaga Pendidik/ Dosen serta Peneliti di bidang lingkungan hidup.

TENAGA PENDIDIK/DOSEN

  • Dr. Lieza Corsita, ST., MT.
  • Alfred B. Alfons, ST., MT.
  • Alberth E.S. Abrauw, ST., M.Sc.
  • Selvi Jikwa, ST., M.Si.
  • Tri Winarno, ST., MT.
  • Nurul Matin, ST., MT.
  • Reynard C. Sanito, S.Si., MT.
  • Futri Wulandari, S.Si., M.Si.
  • Dewi Anggraeni, ST., MT.
  • Mercyana T. Zebua, ST., M.Si.

KURIKULUM
Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum nasional yang berbasis kompetensi ditambah dengan kurikulum lokal sebagai penunjang pola ilmiah yang terdiri dari Mata Kuliah Umum, Mata Kuliah Dasar Keahlian dan Mata Kuliah Keahlian. Waktu tempuh studi adalah 4 tahun (8 semester) dengan beban studi sebanyak 144 sks.

KEMITRAAN/ KERJASAMA
Dalam mengembangkan visi dan misinya Program Studi Teknik Lingkungan bekerjasama dengan pihak pemerintah maupun swasta antara lain: PT. Freeport Indonesia, BP LNG Tangguh, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, BPLH, Dinas Kehutanan dan BB KSDA, DKP, INKINDO, PDAM, Laboratorium Kesehatan Daerah, RSUD, WWF, ESF, dsb.

Launching Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah di Kelurahan Yabansai Distrik Heram Kota Jayapura (Sumber Foto : Dewi Anggraeni)

1 thought on “Profil Prodi Teknik Lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *