PKL Prodi Analis Kesehatan (DIII) & Farmasi (DIII) Semester Genap TA.2019/2020

BERITA EVENT FIKES PENGUMUMAN USTJ

11 Maret 2020 – PKL Mahasiswa Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) di semester genap TA.2019/2020 telah usai. Mahasiswa melakukan PKL di beberapa rumah sakit yang ada di Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom, yakni di RS. Angkatan Laut dr. Soedibjo Sardadi, RS. Marten Indey Jayapura, RSUD Abepura, dan RS. Kwaingga Kab.Keerom. PKL ini dilaksanakan selama dua bulan yakni mulai bulan Januari sampai dengan Maret.

Adapun jumlah mahasiswa yang melakukan PKL di masing-masing rumah sakit yakni (1) RS. Marthen Indey jumlah mahasiswa PKL 14 orang dari Prodi Analis Kesehatan, (2) RS. Angkatan Lait terdiri dari 15 mahasisa prodi Analis Kesehatan, dan 15 orang mahasiswa dari Prodi Farmasi. (3) RSUD Abepura terdiri dari 16 mahasiswa dari Prodi Farmasi, dan 15 mahasiswa prodi Analis Kesehatan (4) RS Kwaingga Kab.Keerom terdiri dari 10 mahasiswa dari prodi Analis Kesehatan.

Kegiatan PKL untuk mahasiswa dari Prodi Analis Kesehatan dilakukan di instalasi laborarorium rumah sakit yakni dengan melakukan pemeriksanaan klinik. Sedangkan untuk mahasiswa dari prodi farmasi melakukan kegiatan pada instalasi apotek rumah sakit.

Dengan adanya kegiatan PKL dengan mitra rumah sakit diharapkan mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman praktek di lapangan dan mendapat ilmu dari para tenaga medis dan klinis yang ada di rumah sakit tersebut. Rini Prasetyawati selaku wakil dekan FIKES yang turut hadir dalam kegiatan Penarikan Mahasiswa PKL menyatakan bahwa mahasiswa mampu menyelesaikan PKL dengan baik, dan kegiatan ini merupakan bekal dalam dunia kerja nantinya, terutama dalam menghadapi ujian kompetensi.

PKL di rumah sakit juga memberi pengalaman tak terlupakan bagi mahasiswa. Menurut Amrullah salah satu mahasiswa yang PKL di RS. Angkatan Laut, kegiatan PKL di rumah sakit sangat berkesan dan memberi banyak pengalaman dan pengetahuan khususnya dalam praktik klinik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *